Organisasi

 Organisasi adalah suatu sarana atau tempat berkumpulnya sekelompok orang yaang mempunyai fisi dan misi serta menggunakan sumber daya dan sarana, prasarana yang dimiliki secara efisien dan efektif untuk mencapai tujuan organisasi yang telah terbentuk. Organisasi sangat diperlukan bagi sekelompok individu untuk belajar bagaimana cara bekerja sama serta mengatur orang lain terutama diri sendiri karna sesuatu kegiatan atau aktifitas terorganisasi akan lebih mudah dilakukan secara berkelompok/berorganisasi dibanding melakukanya secara individual
Menurut para ahli ada beberapa macam pengertian organisasi
 1. Stoner : mengatakan bahwa organisasi adalah suatu pola hubungan-hubungan yang melalui mana orang-orang di bawah pengarahan atasan mengejar tujuan bersama.
2. James de Mooney : mengemukakan bahwa organisasi adalah bentuk setiap perserikatan manusia untuk mencapai tujuan bersama.
3. Chester I Bernard : berpendapat bahwa organisasi adalah merupakan suatu sistem aktivitas kerja sama yang dilakukan oleh dua orang atau lebih.
4. Stephen P Robins : menyatakan bahwa Organisasi adalah kesatuan (entity) sosial yang dikoordinasikan secara sadar, dengan sebuah batasan yang relatif dapat diidentifikasi, yang bekerja atas dasar yang relatif terus menerus untuk mencapai suatu tujuan bersama atau sekelompok tujuan.
Secara Umum organisasi dapat dibedakan menjadu 2 yaitu :
1. Organisasi formal :
Yaitu suatu kegiatan yang dilakukan oleh beberapa orang yang saling mempunyai keterikatan visi dan misi yang sama dan ingin dikembangkan untuk mendapatkan tujuan yang sama beserta dengan hubungan kerja yang rasional.
Contoh : Perusahaan, Sekolah,Instalasi Pemerintah dll.
2. Organisasi Informal :
Yaitu suatu kegiatan yang dilakukan oleh beberapa orang tanpa adanya keterikatan tetapi tetap mempunyai tujuan yang sama untuk melakukan aktifitas serta tujuan yang sama tanpa disadari
Contoh : arisan, belajar kelompok dll.
Ciri-Ciri Organisasi :
1. Sebagai Wadah atau Tempat Bekerja
Setiap organisasi takan berjalan dengan baik tanpa adanya sebuah wadah atau tempat untuk melaksanakan segala aktifitas yang berhubungan dengan organisasi tersebut, seperti sebuah perusahaan yang membutuhkan sebuah gedung atau bangunan sebagai wadah untuk melakukan rutinitas pekerjaanya.
2. Adanya Proses Kerja Sama Beberapa Orang atau lebih
Dalam suatu organisasi selalu ada hubungan dua orang atau lebih yang saling bekerja sama untu mencapai tujuan organisasi yang telah mereka sepakati
3. Kedudukan dan Tugasnya Jelas
Dalam organisasi setiap orang yang ada didalamya mempunya tugas serta kedudukanya masing-masing dan mereka mempunyai tanggung jawab yang berbeda-beda, tergantung dari skill individunya masing-masing, serta hal ini dapat menghindari tertumpuknya pekerjaan yang dapat menghambat jalanya suatu organisasi.
4. Adanya Tujuan
Pentingya tujuan dalam membuat suatu organisasi sangat dibutuhkan sebab tanpa tujuan yang jelas suatu organisasi akan sulit untuk maju, dan disinilah dibutuhkan seorang pemimpin yang mempunya skill dan tanggung jawab yang baik, seperti dalam sebuah perusahaan pentingnya seorang manager untuk memimpin sebuah organisasi sangat dibutuhkan, sebab seorang manager dapat menetukan seberapa baik dan buruknya sebuah perusahaan tergantung pada perencanaan yang ia buat
Tujuan Mempelajari Organisasi
Mempelajari dan mengaplikasikan bagaimana cara berorganisasi itu sangat penting karna manusia sebagai mahluk sosial tidak akan pernah luput dari hubunganya dengan orang lain, dalam suaatu organisasi seseorang dapat mempelajari bagaimana cara ia dapat menempatkan diri dalam suatu kelompok/organisasi yang hal itu dapat berguna bagi individu dalam menjalin hubungan dengan masyarakat dimanapun dan kapanpun dalam kehidupan sehari-hari.
Dalam orgaisasi ada tiga bidang utama yang menjadi tujuan organisasi
1. Profitability (keuntungan)
2. Growth (pertumbuhan)
3. Survive (bertahan hidup)
Ketika hal itu haru berjalan secara berkeseimbangan demi kelancaran jalanya suatu organiosasi, seperti dalam sebuah perusahaan pastilah keuntungan yang maksimal sangat diinginkan bagi setiap anggotanya oleh karna itu untuk mendapatkanya dibutuhkan sekali kerjasama yang baik antar sesama anggota serta pemimpin yang baik pula, selanjutnya pertumbuhan dala perjalanan karir sebuah perusahaan akan selalu dipantau pertumbuhanya agar dapat diketahui baik atau tidaknya kondisi perusahaan tersebut, kedua hal itu dapat menentukan dapat bertahan atau tidaknya hidup sebuah perusahaan dan disni penting sekali adanya seorang pemimpin yang dapat mengatur dan memimpin serta membuat perencanaan yang baik agar perusahaan tersebut dapat berjalan dengan baik.
Pengalaman Organisasi
Menurut saya pengalaman berorganisasi pasti sudah dialami hampir setiap orang, dan hal itu sudah dilakukan dari waktu kita masih duduk di bangku sekolah dasar sampai saat ini mungkin hanya tingkatan tanggungjawabnya saja yang semakin besar, organisasi nya pun bisa bersifat formal dan informal seperti organisasi yang dibentuk oleh lembaga pemerintah ataupun organisasi yang berada di lingkungan perumahan seperti karang taruna dll,
Jujur saja sampai saat ini saya hanya mengikuti sedikit sekali organisasi dan pengalaman sayapun tidak banyak, yaitu ketika saya duduk di bangku sma saat itu saya mengikuti organisasi ROHIS (Rohani Islam), pada saat itu saya hanya bertindak sebagai anggota tetapi saya juga sering membantu saat ada acara yang dibentuk oleh pengurus organisasi kami, seperti ketika kami melaksanakan acara kegiatan Idul Adha yang dilaksanakan di sekolah kami, disana saya bertindak sebagai panitia pembagian zakat dan daging kurban kepada kaum Duafa dan anak-anak yatim, meskipun hanya menjadi panitia pembagian zakat tetapi sedikit banyaknya saya sudah bisa merasakan bagaimana cara mempertanggung jawabkan tugas yang telah diberikan kepada saya, selain itu ketika saya naik tingkat ke kelas 2 sma saya mulai mencoba mengikuti organisasi yang lebih intim lagi di sma yaitu OSIS (Organisasi IntraSekolah) pada saat itu saya memegang jabatan sebagai pengurus organisasi yang pada saat itu saya masih menjadi anggotanya yaitu ROHIS dan tidak lama kemudian saya berhenti menjadi anggota ROHIS karna saya mempunyai tanggung jawab yang lebih besar lagi, untungnya saja saya masih mempunyai atasan yaitu kaka kelas saya jadi beban saya tidak terlalu berat hehehe, selama saya menjabat sebagai anggota osis pastilah tidak selalu menyenagkan pasti ada akibat yang harus ditanggung dan akibatnya pada saat itu adalah nilai saya hancur karna ketidakhadiran saya dikelas terlalu banyak dan walikelas sayapun menyarankan agar saya lebih fokus dalam pelajaran jangan hanya mementingkan kegiatan organisasi dan pada saat ada pemilihan anggota osis lagi saya memutuskan untuk tidak mengikuti organisasi itu lagi tetapi bukan pengalaman buruknya yang saya sesali melainkan pengalaman dipercayai orang lain serta mengerti betapa pentingnya memegang dan mempertanggung jawabkan tugas yang diberikan kepada kita.
Materi Refrensi :

  © Blogger template 'Isolation' by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP